Satu Suara untuk Kerukunan Asia

Mantan Menteri Penerangan Malaysia tak henti-hentinya menggugah emosi warga Indonesia. Setelah artikel yang ditulisnya mengenai mantan Presiden B.J Habibie yang menuai kontroversi, sekarang Zainuddin kembali menyerang mantan petinggi Indonesia, yaitu mantan Presiden RI Alm. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) melalui tulisan dalam blognya. Dalam tulisan tersebut, Zainuddin mengatakan bahwa Gus Dur melakukan konspirasi untuk merancang terjadinya demonstrasi reformasi 1998 Indonesia. Ia menyebut 3 konspirator dalam reformasi, yaitu Amien Rais, Gus Dur, dan Habibie.

Dalam tulisan ini, saya tidak akan menghujat balik Zainuddin atas pernyataannya tersebut, maupun mencoba untuk membakar emosi rakyat Indonesia atas tulisan tersebut. Saya hanya akan mencoba untuk melihat faktor-faktor ketakutan sebagian pihak di Malaysia tentang pengaruh Alm. Gus Dur terhadap rakyat Malaysia dan mengapa faktor-faktor ketakutan itu muncul pada pihak-pihak tersebut.

Kepemimpinan Gus Dur selama menjadi Presiden RI, terutama dalam aspek tata kelola pemerintahan, mungkin masih membuka ruang bagi perdebatan. Akan tetapi, dalam aspek humanistik, bagi saya Gus…

Lihat pos aslinya 510 kata lagi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s