SULAIMAN Weblog

Telah berpulang kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, mantan presiden Republik Indonesia keempat, KH. Abdurahman Wahid, pada hari Rabu 30 Desember 2009 jam 18.45 WIB. di Jakarta  dan dimakamkan tanggal 31 Desember 2009 jam 13.35 WIB. di Jombang, Jawa Timur.

Saat pemakaman beliau, banyak dihadiri oleh para pelayat dari berbagai kalangan sampai masyarakat bawah, dari semua elemen masyarakat dan dari semua pemuka agama. Semua pelayat tidak sanggup menahan kesedihan, karena haru dan duka yang mendalam, mengiringi kepergian beliau ke tempat peristirahatannya yang terakhir.

Prosesi pemakamannya dipimpin oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono secara protokoler kenegaraan dengan upacara militer, maka   keluarga dan masyarakat merasakan “ada batas dan ada jarak”,  karena mereka semua ingin ikut mengurusnya dan menguburkannya secara langsung.

Pelaksanaan pemakaman dengan upacara resmi kenegaraan seperti ini, biasanya dilaksanakan  di tempat pemakaman “Taman Makam Pahlawan”, tetapi pelaksanaan pemakaman  kali ini dilaksanakan di komplek Pondok Pesantren Tebuireng.   Pelaksanaan di pondok pesantren ini merupakan kejadian…

Lihat pos aslinya 2.691 kata lagi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s