NAUFA BLOG

Penulis memiliki seorang “guru spiritual dan intelektual”, yang sebenarya sangat bisa diandalkan dan dibanggakan. sayang beliau wafat ketika masih usia muda. pandangan islam dan intelektual modern beliau, cukup komprehenshif. dari perjalanan intelektual beliau, meyakini tetang konsep khilafah adalah konsep yang benar dan perlu ditegakkan. namun, untuk Indonesia, dewasa ini memang belum tepat. Beliau juga menyatakan bahwa kesalahan terbesar NU adalah meyakini bahwa pancasila adalah ideologi yang sudah final.
Sebelum wafat, penulis sempat terucap kata-kata dari beliau, begini:
“walau aku tidak cokok dengan manufer gusdur, aku ragu, siapa nantinya yang bisa mengangkat derajat NU di masa depan?”, kurang lebih seperti itu.
Memang, dalam hal pandangan, beliau agak berbeda dengan Gus Dur, namun beliau tetap salut dengan beberapa pemikirannya, yang kadang memang tidak populer dan cenderung kontrovesial.
Apa yang dikatakan beliau, memang agak benar, minimal menurut pandangan penulis sendiri. pasca Gus Dur wafat, sosok central yang bisa merangkul banyak golongan termasuk di…

Lihat pos aslinya 210 kata lagi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s