Light the World!

http://hensyam.wordpress.com

Jika seseorang Pemimpin begitu dicintai rakyat atau pengikutnya, maka kesalahannya akan dimaklumi dan dibenarkan oleh rakyat. Tapi ketika cinta telah hilang maka semua kebenarannya akan dicari-cari kesalahannya.

Menjadi Pemimpin itu adalah sebuah amanah yang berat. Pada pundaknya terpikul harapan-harapan pengikutnya. Tak perlu sempurna memang, untuk menjadi pemimpin. Yang diperlukannya hanyalah menempatkan kepentingan umum di atas kepentingan pribadinya.

Banyak juga Pemimpin yang punya kekurangan, baik fisik atau materi lainnya. Tapi ketika cinta telah menjadi nilai dari seorang Pemimpin, maka cinta pulalah yang akan dia dapatkan dari rakyatnya.

Terlepas dari berbagai kelemahan lainnya dari seorang Gus Dur. Bagaimana pun beliau punya pengikut atau loyalis sejati. Saya teringat dulu, ketika beliau sering nyeleneh dan bertingkah macam-macam maka para Pecinta Gus Dur akan memaklumi, membenarkan apa yang beliau lakukan. Bahkan sampai pada pemahaman, bahwa seorang Gus Dur sudah sampai pada tingkat wali atau sufi. Bahwa bisa jadi apa yang dilakukan oleh Gus Dur…

Lihat pos aslinya 322 kata lagi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s